Halo Sobat ! | Members area : Register | Sign in
About me | SiteMap | Arsip | Terms of Use | Dcma Disclaimer
Home » » Bentuk Kerucut, Tumpeng pun Jadi Ikon Kuliner Indonesia

Bentuk Kerucut, Tumpeng pun Jadi Ikon Kuliner Indonesia

Jumat, 21 Desember 2012


detail berita
Nasi tumpeng (Foto:tumpengonline)
NASI tumpeng telah dinobatkan menjadi ikon kuliner Indonesia. Nasi tumpeng diharapkan bisa menjadi jembatan promosi kuliner Indonesia di mancanegara. Dimanakah letak kekuatan nasi tumpeng?

"Nasi tumpeng memiliki bentuk kerucut. Kalau bentuknya bukan kerucut, sama saja seperti nasi kuning atau olahan nasi gurih lainnya. Bentuk kerucut menjadi kekuatan nasi tumpeng," kata Petrus Nugraha, Sekjen Association Culinary Professional Indonesia, saat dihubungi Okezone, Rabu (19/12/2012).

Chef Petrus berharap, ketika nantinya nasi tumpeng menjadi sarana promosi kuliner Indonesia lainnya di luar neger, bentuk kerucut tersebut tidak dihilangkan. Dia menegaskan, bentuk kerucut inilah nilai utama nasi tumpeng.

Memang, ukuran nasi tumpeng yang menjulang kerap merepotkan ketika dihidangkan. Chef Petrus menyarankan, penyajian nasi tumpeng di luar negeri bisa dibuat lebih sederhana tanpa menghilangkan bentuk aslinya.

Dia menjelaskan, bentuk kerucut nasi tumpeng memiliki nilai histori karena merupakan simbol wujud anugerah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Setiap isi dan bentuk nasi tumpeng memiliki makna tersendiri.

"Nasi tumpeng itu kan pada awalnya dibuat karena merupakan wujud rasa syukur dan terima kasih kepada Yang Maha Kuasa atas melimpahnya hasil panen atau bertambahnya usia. Makanya, bentuk kerucut pada nasi tumpeng itu sangat penting," pungkasnya. 

No Responses to "Bentuk Kerucut, Tumpeng pun Jadi Ikon Kuliner Indonesia"